tag:blogger.com,1999:blog-4672683245252216392023-06-20T21:20:16.428-07:00PEACE LOVEPEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.comBlogger12125tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-65197184389269383162009-11-11T05:35:00.000-08:002009-11-11T06:16:04.396-08:00IMPIAN MASA DEPAN "W"W di besarin dari keluarga sederhana, tidak miskin dan tidak juga kaya tapi W hidup dalam balance ( seimbang ).<br />W juga di sekolahin ma ortu ( orang tua ) dari TK ampe sekarang W skull di MAN DARUSSALAM, dan sekarang W duduk di kelas XI IPS ( social ).<br />W masuk programs IPS tu juga bertujuan banget bwt masa depan W dan W juga di sekolahin di MAN coz biar W beljar ilmu agama biar ntar klo impian ( cita-cita ) W kecapai ntar W gak jadi pejabat yang korup.<br />Dan setelah W keluar dari skull MAN DARUSSALAM W berkeinginan bwt nerusin ke perguruan tinggi di STAN, dan klo ada lowongan kerja seperti di perbankan atw perusahaan W pengen kuliah sambil kerja biar ntar ada pengalaman kerja, jadi status W mahasiswa plus angkatan kerja.<br />Tujuan W kuliah sambil kerja adalah bwt ngurangin bebean ortu coz W masih punya adik.<br />Dan setelah W tamat kuliah truz di wisuda W pengen kerja di perbankan atw perusahaan klo bisa jadi direktur nya atw yang punya nya...amin...<br />Dan setelah beberapa tahun kemudian klo W udah sukses dan banyak uang yang W impi-impiin adalah berangkat haji ke kota suci mekah ( baitullah ).<br />Dan W juga ingin mendirikan masjid pake uang jerih payah keringat W sendiri truz W pengen nge infakin ma anak-anak yatim, panti asuhan, pokok nya yang kurang mampu dalam segi ekonomi, tapi tu juga klo W udah sukses dan bergelimpahan harta.<br />Dan W juga ingin mempunyai gelar S.E ( Sarjana Ekonomi ).<br />JAdi nama W bukan WILDAN.RIJA.USUDIN lagi tapi sekarang plus gelar menjadi (H.WILDAN.RIJA.USUDIN.S.E) ....amin....<br />Dan W juga pengen mempunyai istri yang solehah dan bisa ngertiin W, klo soal cantik sih nomber sekian lah tapi yang paling penting dia bisa di ajak hidup apa ada nya, gak matre dan apabila W kehilangan pekerjaan dan menganggur dan jatuh miskin dia harus selalu ada di samping W.<br />DAn impian dari istri W adalah W pengen mempunyai anak 3, 2 cwo dan 1 cwe. tapi melenceng juga gak apa-apa lah coz kan tu takdir yang diberikan allah.<br />Dan W juga ingin semua anak-anak W sukses melebihi W dan kesuksesan nya itu di landasi dengan agama biar anak-anak W tidak terjerumus oleh bisikan syetan.PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-4863070257182656292009-11-09T21:14:00.001-08:002009-11-09T21:17:01.167-08:00bondan prakoso "1234"Chord: Em C D (‘till drop)<br /><br />Santoz : Yo What’s up Fella’s!<br />Titz : What’s up man!<br />Santoz : Have a great time now?<br />Titz : Yeah dawg!<br />Santoz : Follow me… Hommie…<br /><br />Reff : 1 2 3 4 come on yo’ every body (3x)<br />Shake that booties on the floor… (2x)<br /><br />Santoz:<br /><br />Shake it to the left n’ shake it to the right<br />Don’t make any mistake coz’ you can start the fight<br />Grab the mic so you know how to react<br />Lap dance n’ lap dance just don’t let it stop!!!<br /><br />Chillin’ in the club you know at the Friday night<br />Searching the spot getting high fly to the top<br />Listen to hip-hop (let it flow with your blood)<br />Loose your money don’t regret just say…..(oww my god!!)<br /><br />I can’t stand… coz’ I wanna dance…<br />1 2 3 4… let your body groove on…<br />stick to the plan with the money talk then…<br />1 2 3 4… let the party move on…<br /><br />Back To Reff:<br /><br />Lezz:<br /><br />Whats that gee yoo…? ini intermezzo yo’<br />Do you wanna know dawg, rollin’ that bootie oww noo..<br />Body-body movin’, get body-body movin’<br />Ude’ jangan dipikirin kejadian kemarin<br /><br />Yoyoyo… 1 2 3 4… bigidi yo’…..<br />Goin’ flow with the beat jangan bertingkah bodo’<br />Keep it groovin’ that’s what we wanna doin’<br />Squeckin’ screaming banyak yang dikerjain dawg…<br /><br />Back To Reff:<br /><br />Titz:<br /><br />Yoo! It’s my turn now… I’m gonna make it a little faster now… Are you ready guyz?<br /><br />Hey you! right there! What’s ur name? don’t just stand there…<br />I got a cheep here for you, so you kow what to do<br />It’s sounds funky groovie baby (like what?!) just like Agnes Monica<br />And I’ll try to make you horny (with what?!) with a fuckin’ formula<br /><br />Give it up tide for the jungle beat here don’t let it loose<br />I’m turn it from slow to fast coz I push the turbo boost<br />I’ll show you what is a right well I’ll show it to you tonight<br />Middle upper tempo mono stereo yo’ peace up don’t fight<br /><br />I want you all to put all your hands in the air then lil a bit around<br />And let’s this fuckin rhythm getting to listen to the sound<br />We gotta hip please don’t let it freeze………<br />Shake it left right yo’ doin’ like this……..PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-80834165359416203562009-11-07T21:33:00.000-08:002009-11-07T22:06:16.479-08:00SURAT DARI RAKYATAssalamualaikum....................<br /><br />Buat para pejabat-pejabat yang pake dasi maupun nggak,TOLONG dong buat orang yang ingin bekerja baik PNS maupun bukan,TOLONG dong masuk nya murni, jangan UUD ( Ujung-Ujung nya Duit ) atau pake acara slap-slip segala.<br />Kan dalam agama islam juga hal yang begitu hukum nya HARAM,apalagi pake acara sogok-menyogok segala.<br /><br />INGAT!!!!!!<br /><br />Di dunia hanyalah mimpi ( kehidupan sesaat ) tapi tujuan kita adalah mencari kehidupan abadi dan berlomba-lomba lah mengumpulkan amal ( yang baik ) kita untuk bekal di akhirat nanti.<br /><br />Misalkan uang yang hasil korup atau sogok-menyogok dan uang itu di pake makan buat anak, istri, atau yang lain nya ntar bakal di pertanggung jawab kan di akhirat nanti dan klo pun uang dari hasil korup atau dari sogok-menyogok itu jadi daging ntar daging itu bakal teruz di lahap API NERAKA tidak ada henti nya.<br />Uang dari hasil begitu tidak akan bermanfaat meskipun uang itu ber juta atau ber triliun miiaran-miliaran rupiah.<br />Dan ingat juga semua ciptaan allah swt akan mati,dan akan di tanya semua amal perbuatan kita.<br />Dan ingat juga adzab allah yang sangat pedih.<br />Jadi sekarang segera lah bertobat sebelum ajal menjemput-mu.<br />Insa allah,allah akan mengampuni dosa kalian....amin....PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-51879953045573804352009-11-02T21:37:00.000-08:002009-11-02T22:05:48.264-08:00TENTANG PESANTRENWah klo menurut orang yang mementingkan kehidupan duniawi pesantren tuh katro,kampungan lah padahal kan kata pesantren tuh mencakup kehidupan dunia dan akhirat............<br /><br /><br />Ngomong2 soal pesantren??????????????????????????????????????<br /><br />W juga karang hidup di pesantren udah ampir 5 tahun,dan W juga hidup di pesantren banyak banget kenangan yang susah bwt nge lupain dari kenangan yang susah ampe yang jero........<br /><br />Tpi W di sini akan nyeritain tentang pengalaman W di pesantren!!!!!!!!!!!<br /><br />2.........<br />the.....<br />poin...<br /><br />Di pesantren W di ajarin ngaji kitab dari kitab yang gundul ampe yang gondrong......hahahah<br />W juga di ajarin banyak banget ampe otak W pusing coz banyak banget ilmu yang di berikan kyai2.........dari yang kecil ampe yang gede bisa kita dapet.................<br /><br />Dan W juga di ajarin di pesantren agar hidup mandiri,,,,,,,,kan semua orang gak akan hidup selamanya ma ortu???????????bener gax????????????????????????<br /><br /><br />Yang susah bwt W lupain adlah makan bareng ma nak2 n makan nya tuh pke baskom,katel, truz di ta'zir bareng taw apa lah pkok nya seru banget kehidupan di pesantren......<br /><br />Jadi W gak akan ngelupain tentang kehidupan di pesantren yang W sayangi ni & nak2 yang pada solideritas..........PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-906996347300424902009-11-02T21:25:00.000-08:002009-11-02T21:36:08.670-08:00KEHIDUPAN DI MANDACIZ...............................Klo ngungkit2 soal skull duh pusing banget sob......................<br /><br /><br /><br />Kita mulai aj lah...........<br /><br />W karang skull di MAN DARUSSALAM CIAMIS WEST JAVA coz W bertujuan untuk memperluas agama(meskipun pelajaran agama yang masuk litle2)heheheheheheheh...............<br />W juga di MAN DARUZZ masuk jurusan IPS coz W ber cita2 pengen jadi seorang akutans yang bergelar (S.E) gitu lah..........<br />TRuz W juga masuk MAN Daruzz tu juga berpengaruh banget bwt masa depan W...<br />KAn ntar klo cita2 W ke capai ntar W gak jadi pengusaha yang korup coz W kan mempunyai dasar agama bwt ntar nge dakwah di DPR............hahahahahahah<br /><br />Wah klo semua nYa di ungkit2 masalah tentang kehidupan W di MAN DARUSSALAM banyak bamget deh gak bakalan muat ...............<br />Ya udah lah 2 the poin......good by.............PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-52861213523936387412009-10-26T21:08:00.000-07:002009-10-26T21:35:02.788-07:00MANFAAT FACEBOOK & BLOGNgomong2 soal manfaat dari facebook&blog tentu saja banyak banget tapi W gax terlalu tau semua tentang manfaat itu kecuali orang2 yang membuat dan menciptakan facebook n' blog itu sendiri,tapi meskipun W gak terlalu tau W ingin kasih info pada loe2 semua.........siap.........<br />1<br />2<br />3<br />mulai...............................................................<br />Ya klo menurut W sendiri manfaat facebook adalah bisa chat ma temen yang udah lama gak<br />ketemu dan bisa nyari temen2 di seluruh dunia,,,,,,,,,<br />Facebook juga dapat mencari informasi tentang dunia kerja atau yang lain sebagai nya tidak hanya di google aja nyari informasi tapi di facebook juga bisa tapi asalkan kita nambahin temen ke perusahaan itu,itu juga klo klo mau kerja di perusahaan2 n' klo menurut W enakan pake facebook coz misalkan klo perusahaan2 itu membuthkan tenaga kerja kan langsung bisa kirim pesan lewat facebook.........KLO MENURUT LO SE'NDIRI GIMANA?????????????????????<br /><br />Klo manfaat BLOG yang W tau adalah jadi kita bisa memamerkan sesuatu kreatifitas kita pada di seluruh penjuru dunia dan kita juga bisa liat di google.<br />Meskipun kita udah gede atau kolot atau mati atau udah punya anak,cucu ampe 7 turunan pun blog punya kita bisa masih di liat tentu nya oleh orang yang nge liat blog kita..PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-1781129856101671152009-10-19T23:18:00.001-07:002009-11-07T22:13:05.583-08:00akord slank "begitu saja"<pre> G C A D<br />Ada bangsat di korsi<br /> G C A D<br />Menggigiti pantatku Auw !!!<br /> G C A D<br />Kau tinggalkan-tinggalkan diriku malam ini<br /> G C A D<br />Begitu saja... oya<br /><br /> G C A D<br />Ada bangsat di korsi<br /> G C A D<br />Menggerogoti darahku<br /> G C A D<br />Kau maki maki maki diriku<br /> G C A D<br />Begitu saja ... oya<br /><br />C G D G<br />Bangsatpun jadi gemuk Berisi darah-darahku<br />C G D D<br />lalu cabut dariku Aku terkapar kaku !!!<br /><br /> G C A D<br />Oh bangsatku yang cantik<br /> G C A D<br />jangan kau tinggalkan diriku<br /> G C A D<br />Oh... bangsatku tercinta<br /> G C A D<br />Jangan kau maki aku... jangan !!!<br /><br /><br />Lo jangan tinggalin gue dan<br />Lo jangan maki-maki gue deh<br />Lo khan nggak mau dibilang bangsat<br />Dan lo juga bukan bangsat khan?<br />Jangan gitu lagi yah... awas loch</pre>PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-37268960034398306742009-10-19T23:11:00.000-07:002009-10-19T23:12:42.105-07:00Slank Monogami<span class="fullpost"><a href="http://chordguitarz.blogspot.com/">Chord Slank Monogami</a><br /><br /></span><span class="chord">[intro] D A 8x<br /></span><span class="fullpost"></span><br /><span class="chord"> D Bm G E<br />Mana mungkin ku melupakan dirimu<br /> D Bm G E<br />Mana mungkin ku meninggalkan dirimu<br /> D A G E<br />Kau penyelamatku kau penyemangatku<br /> D Bm G D<br />Mana mungkin ku menduakan kamu<br /></span><span class="fullpost"></span><br /><span class="chord"> D Bm G E<br />Mana pernah ku menjauhi dirimu<br /> D Bm G E<br />Mana pernah ku membohongi dirimu<br /> D A G E<br />Kau satu-satunya kaulah segalanya<br /> D Bm G D<br />Mana pernah ku menduakan kamu<br /></span><span class="fullpost"></span><br /><span class="chord"> Am D <br />Akulah si burung merpati<br /> Am D<br />Ribuan kilo ku cari<br /> Am C D<br />Terbang tinggi hanya untuk kembali<br /> E<br />Oh kembali<br /></span><span class="fullpost"></span><br /><span class="chord">[interlude] A G D/F# E 4x<br /></span><span class="fullpost"></span><br /><span class="chord"> D A G E<br />Madu di hatiku hanyalah untukmu<br /> D Bm G E<br />Mana bisa ku menyakiti dirimu<br /> D Bm G D<br />Mana bisa mengkhianati kamu</span><br /><span class="fullpost"><br /></span>PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-6720577498822910462009-10-12T22:54:00.000-07:002009-10-12T22:59:00.503-07:00Ciri-ciri AlayCiri-ciri alay sebagai berikut.<br />Apabila kamu merasa begitu, ubah aja sikapmu supaya km ga di cap alay!!<br />-------------------------------------<br />A) TINGKAT PALING RENDAH:<br />1. nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"<br />2. memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~"<br />3. menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"<br />4. comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa"<br />5. layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pinkk fontnya yang anehlah<br />B) TINGKAT RENDAH<br />1. aboutme panjaaaang banget dengan gambar dari myspace yang gajelas pake isi gr-gr an kaya "aq tuh.... cntik.... lucu.... punya cowo ganteng..." zzz dan sebagainyalah lo tau kan<br />2. penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh<br />3. foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu<br />4. mediabox dipenuhin dengan gambarrrrrr<br />C) TINGKAT SEDANG<br />1. mamerin kebisaan dishotout, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari" (halah)<br />2. rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu... y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya..........blabalabla"<br />3. nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "delita saiianks si luthuu.." atau "delita cinta dya" gitulah ya aezzz...<br />4. bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!!<br />D) ALAY TINGKAT PARAH!<br /><span class="fullpost"><br /><br />1. barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.<br />2. tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ<br />3. minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw"<br />4. gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas<br />5.nge post bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment<br />- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -<br />kaya nya segitu aja....maaf ya kalo ada ciri kalian!! hehe,</span>PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-65368606448779592042009-09-28T21:29:00.001-07:002009-09-28T21:29:24.359-07:00Sejarah PersijaPada zaman <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Hindia_Belanda" title="Hindia Belanda" class="mw-redirect">Hindia Belanda</a>, nama awal Persija adalah VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra). Pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIJ berganti nama menjadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta). Pada saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) sebagai organisasi tandingan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/PSSI" title="PSSI" class="mw-redirect">PSSI</a> masih ada. Di sisi lain, VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) sebagai bond (perserikatan) tandingan Persija juga masih ada. Terlepas dari takdir atau bukan, seiring dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mau tidak mau harus bubar. Mungkin juga karena secara sosial politik sudah tidak kondusif (mendukung). Suasana tersebut akhirnya merembet ke anggotanya, antara lain VBO. Pada pertengahan tahun 1951, VBO mengadakan pertemuan untuk membubarkan diri (likuidasi) dan menganjurkan dirinya untuk bergabung dengan Persija. Dalam perkembangannya, VBO bergabung ke Persija. Dalam turnamen segitiga persahabatan, gabungan pemain bangsa Indonesia yang tergabung dalam Persija "baru" itu berhadapan dengan Belanda dan Tionghoa. Inilah hasilnya: Persija (Indonesia) vs Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda vs Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), dan Persija (Indonesia) vs Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951). Semua pertandingan berlangsung di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-35292163754739060182009-09-28T21:24:00.000-07:002009-09-28T21:26:07.394-07:00Gempa tasikmalaya 2009Gempa bumi berskala 7.3 SR yang terjadi 142 km barat daya Tasikmalaya pada hari ini tanggal 2 September 2009, pukul 14.55, seakan mengingatkan kita pada peristiwa tsunami Aceh pada Desember 2004. <p style="margin-bottom: 0pt;"> </p><p style="margin-bottom: 0pt;">Peristiwa tsunami Aceh adalah tragedi pembuka dari awal pemerintahan SBY-JK 2004-2009 yang kemudian terus diwarnai dengan berbagai bencana alam termasuk gempa Yogya setahun kemudian juga tsunami yang melanda Pangandaran.<span id="more-1572"></span></p> <p style="margin-bottom: 0pt;"> </p><p style="margin-bottom: 0pt;">Kini, setelah Pemilu 2009 berlangsung dan memunculkan kembali SBY sebagai Presiden, nampaknya alam kembali menyambutnya dengan gempa bumi berskala 7.3 SR. Bersyukur kali ini tanpa tsunami.</p>PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-467268324525221639.post-40156444930680645892009-09-22T05:27:00.000-07:002009-09-22T05:55:23.554-07:00<h2><center>Laylat Al-Qadr</center></h2> <p>Surah Al-Qadr adalah surah ke-97 menurut urutannya di dalam Mushaf. Ia ditempatkan sesudah surah Iqra'. Para ulama Al-Quran menyatakan bahwa ia turun jauh sesudah turunnya surah Iqra'. Bahkan, sebagian diantara mereka, menyatakan bahwa surah Al-Qadr turun setelah Nabi Muhammad saw. berhijrah ke Madinah.</p> <p>Penempatan dan perurutan surah dalam Al-Quran dilakukan langsung atas perintah Allah SWT, dan dari perurutannya ditemukan keserasian-keserasian yang mengagumkan.</p> <p>Kalau dalam surah Iqra', Nabi saw. diperintahkan (demikian pula kaum Muslim) untuk membaca dan yang dibaca itu antara lain adalah Al-Quran, maka wajarlah jika surah sesudahnya --yakni surah Al-Qadr ini-- berbicara tentang turunnya Al-Quran dan kemuliaan malam yang terpilih sebagai malam Nuzul Al-Qur'an (turunnya Al-Quran).</p> <p>Bulan Ramadhan memiliki sekian banyak keistimewaan. Salah satu di antaranya adalah Laylat Al-Qadr -- satu malam yang oleh Al-Quran dinamai "lebih baik daripada seribu bulan".</p> <p>Tetapi, apa dan bagaimana malam itu? Apakah ia terjadi sekali saja yakni pada malam ketika turunnya Al-Quran lima belas abad yang lalu atau terjadi setiap bulan Ramadhan sepanjang sejarah? Bagaimana kedatangannya, apakah setiap orang yang menantinya pasti akan mendapatkannya? Benarkah ada tanda-tanda fisik material yang menyertai kehadirannya (seperti membekunya air, heningnya malam dan menunduknya pepohonan, dan sebagainya)? Masih banyak lagi pertanyaan yang dapat dan sering muncul berkaitan dengan malam Al-Qadr itu.</p> <p>Yang pasti, dan ini harus diimani oleh setiap Muslim berdasarkan pernyataan Al-Quran, bahwa "Ada suatu malam yang bernama Laylat Al-Qadr" (QS 97:1) dan bahwa malam itu adalah "malam yang penuh berkah di mana dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan penuh kebijaksanaan" (QS 44:3).</p> <p>Malam tersebut terjadi pada bulan Ramadhan, karena Kitab Suci menginformasikan bahwa ia diturunkan oleh Allah pada bulan Ramadhan (QS 2:185) serta pada malam Al-Qadr (QS 97:1). Malam tersebut adalah malam mulia, tidak mudah diketahui betapa besar kemuliaannya. Ini diisyaratkan oleh adanya "pertanyaan" dalam bentuk pengagungan, yaitu <span style="color:#ff0000;">Wa ma adraka ma laylat Al-Qadr</span>.</p> <p>Tiga belas kali kalimat <span style="color:#ff0000;">ma adraka</span> terulang dalam Al-Quran. Sepuluh di antaranya mempertanyakan tentang kehebatan yang terkait dengan hari kemudian, seperti <span style="color:#ff0000;">Ma adraka ma Yawm Al-Fashl, ... Al-Haqqah .. 'illiyyun</span>, dan sebagainya. Kesemuanya itu merupakan hal yang tidak mudah dijangkau oleh akal pikiran manusia, kalau enggan berkata mustahil dijangkaunya. Dari ketiga belas kali ma adraka itu terdapat tiga kali yang mengatakan: <span style="color:#ff0000;">Ma adraka ma al-thariq, Ma adraka ma al-aqabah, dan Ma adraka ma laylat al-qadr</span>.</p> <p>Kalau dilihat pemakaian Al-Quran tentang hal-hal yang menjadi objek pertanyaan, maka kesemuanya adalah hal-hal yang sangat hebat dan sulit dijangkau hakikatnya secara sempurna oleh akal pikiran manusia. Hal ini tentunya termasuk Laylat Al-Qadr yang menjadi pokok bahasan kita, kali ini.</p> <p>Walaupun demikian, sementara ulama membedakan antara pertanyaan ma adraka dan ma yudrika yang juga digunakan oleh Al-Quran dalam tiga ayat.</p> <blockquote><span style="color:#ff0000;">Wa ma yudrika la 'alla al-sa'ata takunu qariba (Al-Ahzab: 63)</span> <p><span style="color:#ff0000;">Wa ma yudrika la'alla al-sa'ata qarib ... (Al-Syura:17)</span></p> <p><span style="color:#ff0000;">Wa ma yudrika la allahu yazzakka (Abasa: 3)</span>.</p></blockquote> <p>Dua hal yang dipertanyakan dengan wa ma yudrika adalah pertama menyangkut waktu kedatangan hari kiamat dan kedua apa yang berkaitan dengan kesucian jiwa manusia.</p> <p>Secara gamblang, Al-Quran --demikian pula Al-Sunnah-- menyatakan bahwa Nabi saw. tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat, dan tidak pula mengetahui tentang yang gaib. Ini berarti bahwa ma yudrika digunakan oleh Al-Quran untuk hal-hal yang tidak mungkin diketahui walaupun oleh Nabi saw. sendiri. Sedangkan wa ma adraka, walaupun berupa pertanyaan, namun pada akhirnya Allah SWT menyampaikannya kepada Nabi saw., sehingga informasi lanjutan dapat diperoleh dari beliau.</p> <p>Itu semua berarti bahwa persoalan Laylat Al-Qadr harus dirujuk kepada Al-Quran dan Sunnah Rasulullah saw., karena di sanalah dapat diperoleh informasinya.</p> <p>Kembali kepada pertanyaan semula, bagaimana tentang malam itu? Apa arti malam Al-Qadr dan mengapa malam itu dinamai demikian? Di sini ditemukan berbagai jawaban.</p> <p>Kata qadr sendiri paling tidak digunakan untuk tiga arti:</p> <ol><li><b>Penetapan dan pengaturan</b> sehingga Laylat Al-Qadr dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Pendapat ini dikuatkan oleh penganutnya dengan firman Allah pada surah 44:3 yang disebut di atas. Ada ulama yang memahami penetapan itu dalam batas setahun. Al-Quran yang turun pada malam Laylat Al-Qadr diartikan bahwa pada malam itu Allah SWT mengatur dan menetapkan khiththah dan strategi bagi Nabi-Nya, Muhammad saw., guna mengajak manusia kepada agama yang benar yang pada akhirnya akan menetapkan perjalanan sejarah umat manusia, baik sebagai individu maupun kelompok.</li><li><b>Kemuliaan</b>. Malam tersebut adalah malam mulia yang tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran serta karena ia menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih. Kata qadr yang berarti mulia ditemukan dalam ayat ke-91 surah Al-An'am yang berbicara tentang kaum musyrik: <span style="color:#ff0000;">Ma qadaru Allaha haqqa qadrihi idz qalu ma anzala Allahu 'ala basyarin min syay'i (Mereka itu tidak memuliakan Allah sebagaimana kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia)</span>.</li><li><b>Sempit</b>. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surah Al-Qadr: <span style="color:#ff0000;">Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan</span>. Kata qadr yang berarti sempit digunakan oleh Al-Quran antara lain dalam ayat ke-26 surah Al-Ra'd: <span style="color:#ff0000;">Allah yabsuthu al-rizqa liman yasya' wa yaqdiru (Allah melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan mempersempitnya [bagi yang dikehendaki-Nya])</span>.</li></ol> <p>Ketiga arti tersebut, pada hakikatnya, dapat menjadi benar, karena bukankah malam tersebut adalah malam mulia, yang bila dapat diraih maka ia menetapkan masa depan manusia, dan bahwa pada malam itu malaikat-malaikat turun ke bumi membawa kedamaian dan ketenangan? Namun demikian, sebelum melanjutkan pembahasan tentang hakikat dan hikmah Laylat Al-Qadr, terlebih dahulu akan dijawab pertanyaan tentang kehadirannya, apakah setiap tahun atau hanya sekali, yakni ketika turunnya Al-Quran lima belas abad yang lalu.</p> <p>Dari Al-Quran kita menemukan penjelasan bahwa wahyu-wahyu Allah itu diturunkan pada Laylat Al-Qadr, tetapi karena umat sepakat mempercayai bahwa Al-Quran telah sempurna dan tidak ada lagi wahyu setelah wafatnya Nabi Muhammad saw., maka atas dasar logika itu, ada yang berpendapat bahwa malam mulia itu sudah tidak akan hadir lagi. Kemuliaan yang diperoleh oleh malam tersebut adalah karena ia terpilih menjadi waktu turunnya Al-Quran. Pakar hadis, Ibnu Hajar, menyebutkan satu riwayat dari penganut paham di atas yang menyatakan bahwa Nabi saw. pernah bersabda bahwa malam qadr sudah tidak akan datang lagi.</p> <p>Pendapat tersebut ditolak oleh mayoritas ulama dengan berpegang pada teks ayat Al-Quran serta sekian banyak teks hadis yang menunjukkan bahwa Laylat Al-Qadr terjadi pada setiap bulan Ramadha.n. Bahkan, Rasul saw. menganjurkan umatnya untuk mempersiapkan jiwa menyambut malam mulia itu secara khusus pada malam-malam gazal setelah berlalu dua puluh hari Ramadhan.</p> <p>Memang, turunnya Al-Quran lima belas abad yang lalu terjadi pada malam Laylat Al-Qadr, tetapi itu bukan berarti bahwa malam mulia itu hadir pada saat itu saja. Ini juga berarti bahwa kemuliaannya bukan hanya disebabkan karena Al-Quran ketika itu turun, tetapi karena adanya faktor intern pada malam itu sendiri. Pendapat tersebut dikuatkan juga dengan penggunaan bentuk kata kerja mudhari' (present tense) pada ayat, Tanazzal al-mala'ikat wa al-ruh, kata Tanazzal adalah bentuk yang mengandung arti kesinambungan, atau terjadinya sesuatu pada masa kini dan masa datang.</p> <p>Nah, apakah bila ia hadir, ia akan menemui setiap orang yang terjaga (tidak tidur) pada malam kehadirannya itu? Tidak sedikit umat Islam yang menduganya demikian. Namun, dugaan itu --hemat penulis-- keliru, karena itu dapat berarti bahwa yang memperoleh keistimewaan adalah yang terjaga baik untuk menyambutnya maupun tidak. Di sisi lain, ini berarti bahwa kehadirannya ditandai oleh hal-hal yang bersifat fisik material, sedangkan riwayat-riwayat demikian tidak dapat dipertanggungjawabkan kesahihannya. Dan seandainya, sekali lagi seandainya, ada tanda-tanda fisik material, maka itu pun tidak akan ditemui oleh orang-orang yang tidak mempersiapkan diri dan menyucikan jiwa guna menyambutnya. Air dan minyak tidak mungkin akan menyatu dan bertemu. Kebaikan dan kemuliaan yang dihadirkan oleh Laylat Al-Qadr tidak mungkin akan diraih kecuali oleh orang-orang tertentu saja. Tamu agung yang berkunjung ke satu tempat, tidak akan datang menemui setiap orang di lokasi itu, walaupun setiap orang di tempat itu mendambakannya. Bukankah ada orang yang sangat rindu atas kedatangan kekasih, namun ternyata sang kekasih tidak sudi mampir menemuinya? Demikian juga dengan Laylat Al-Qadr. Itu sebabnya bulan Ramadhan menjadi bulan kehadirannya, karena bulan ini adalah bulan penyucian jiwa, dan itu pula sebabnya sehingga ia diduga oleh Rasul datang pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Karena, ketika itu, diharapkan jiwa manusia yang berpuasa selama dua puluh hari sebelumnya telah mencapai satu tingkat kesadaran dan kesucian yang memungkinkan malam mulia itu berkenan mampir menemuinya. Dan itu pula sebabnya Rasul saw. menganjurkan sekaligus mempraktekkan i'tikaf (berdiam diri dan merenung di masjid) pada sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan.</p> <p>Apabila jiwa telah siap, kesadaran telah mulai bersemi, dan Laylat Al-Qadr datang menemui seseorang, ketika itu malam kehadirannya menjadi saat qadr --dalam arti, saat menentukan bagi perjalanan sejarah hidupnya pada masa-masa mendatang. Saat itu, bagi yang bersangkutan adalah saat titik tolak guna meraih kemuliaan dan kejayaan hidup di dunia dan di akhirat kelak, dan sejak saat itu, malaikat akan turun guna menyertai dan membimbingnya menuju kebaikan sampai terbit fajar kehidupannya yang baru kelak di hari kemudian. (Perhatikan kembali makna-makna Al-Qadr yang dikemukakan di atas!).</p> <p>Syaikh Muhammad 'Abduh pernah menjelaskan pandangan Imam Al-Ghazali tentang kehadiran malaikat dalam diri manusia. Abduh memberikan ilustrasi berikut:</p> <p>"Setiap orang dapat merasakan bahwa dalam jiwanya ada dua macam bisikan, yaitu bisikan baik dan buruk. Manusia seringkali merasakan pertarungan antara keduanya, seakan apa yang terlintas dalam pikirannya ketika itu sedang diajukan ke satu sidang pengadilan. Yang ini menerima dan yang itu menolak, atau yang ini berkata lakukan dan yang itu mencegah, demikian halnya sampai pada akhirnya sidang memutuskan sesuatu.</p> <p>Yang membisikkan kebaikan adalah malaikat, sedangkan yang membisikkan keburukan adalah setan atau paling tidak penyebab adanya bisikan tersebut adalah malaikat atau setan. Nah, turunnya malaikat, pada malam Laylat Al-Qadr, menemui orang yang mempersiapkan diri menyambutnya berarti bahwa ia akan selalu disertai oleh malaikat sehingga jiwanya selalu terdorong untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Jiwanya akan selalu merasakan salam (rasa aman dan damai) yang tidak terbatas sampai fajar malam Laylat Al-Qadr, tetapi sampai akhir hayat menuju fajar kehidupan baru di hari kemudian kelak."</p> <p>Di atas telah dikemukakan bahwa Nabi saw., menganjurkan sambil mengamalkan i 'tikaf di masjid dalam rangka perenungan dan penyucian jiwa. Masjid adalah tempat suci, tempat segala aktivitas kebajikan bermula. Di masjid, seseorang diharapkan merenung tentang diri dan masyarakatnya. Juga, di masjid, seseorang dapat menghindar dari hiruk-pikuk yang menyesakkan jiwa dan pikiran guna memperoleh tambahan pengetahuan dan pengayaan iman. Itulah sebabnya ketika melakukan i'tikaf, seseorang dianjurkan untuk memperbanyak doa dan bacaan Al-Quran, atau bahkan bacaan-bacaan lain yang dapat memperkaya iman dan ketakwaan.</p> <p>Malam Al-Qadr, yang ditemui atau yang menemui Nabi pertama kali adalah ketika beliau menyendiri di Gua Hira, merenung tentang diri beliau dan masyarakat. Ketika jiwa beliau telah mencapai kesuciannya, turunlah Al-Ruh (Jibril) membawa ajaran dan membimbing beliau sehingga terjadilah perubahan total dalam perjalanan hidup beliau bahkan perjalanan hidup umat manusia.</p> <p>Dalam rangka menyambut kehadiran Laylat Al-Qadr itu yang beliau ajarkan kepada umatnya, antara lain, adalah melakukan i'tikaf. Walaupun i'tikaf dapat dilakukan kapan saja dan dalam waktu berapa lama saja --bahkan dalam pandangan Imam Syafi'i, walaupun hanya sesaat selama dibarengi oleh niat yang suci-- namun, Nabi saw. selalu melakukannya pada sepuluh hari dan malam terakhir bulan puasa. Di sanalah beliau bertadarus dan merenung sambil berdoa.</p> <p>Salah satu doa yang paling sering beliau baca dan hayati maknanya adalah: Rabbana atina fi al-dunya hasanah, wa fi al-akhirah hasanah wa qina 'adzab al-nar (Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka). Doa ini bukan sekadar berarti permohonan untuk memperoleh kebajikan dunia dan kebajikan akhirat, tetapi lebih-lebih lagi bertujuan untuk memantapkan langkah dalam berupaya meraih kebajikan yang dimaksud, karena doa mengandung arti permohonan yang disertai usaha. Permohonan itu juga berarti upaya untuk menjadikan kebajikan dan kebahagiaan yang diperoleh dalam kehidupan dunia ini, tidak hanya terbatas dampaknya di dunia, tetapi berlanjut hingga hari kemudian kelak.</p> <p>Kalau yang demikian itu diraih oleh manusia, maka jelaslah ia telah memperoleh kemuliaan dunia dan akhirat. Karena itu, tidak heran jika kita mendengar jawaban Rasul saw. yang menunjuk kepada doa tersebut, ketika istri beliau 'A'isyah menanyakan doa apa yang harus dibaca jika ia merasakan kehadiran Laylat-Al-Qadr?</p><table border="0" cellpadding="0"><tbody><tr></tr><tr><td width="80"> <p> </p><br /></td><td valign="top"> <pre>V.30. SHALAT (2/2)<br /><br />Oleh Nurcholish Madjid<br /><br />Sebagai kewajiban pada hampir setiap saat, shalat juga<br />mengisyaratkan bahwa usaha menemukan jalan hidup yang benar<br />juga harus dilakukan setiap saat, dan harus dipandang sebagai<br />proses tanpa berhenti. Oleh karena itu memang digunakan<br />metafor "jalan," [17] dan pengertian "jalan" itu dengan<br />sendirinya terkait erat dengan gerak dan dinamika. Maka dalam<br />sistem ajaran agama, manusia didorong untuk selalu bergerak<br />secara dinamis, sedemikian rupa sehingga seseorang tidak<br />diterima untuk menjadikan keadaannya tertindas di suatu negeri<br />atau tempat sehingga ia tidak mampu berbuat baik, karena ia<br />toh sebenarnya dapat pergi, pindah atau bergerak meninggalkan<br />negeri atau tempat itu ke tempat lain di bumi Tuhan yang luas<br />ini. [18] Dengan kata lain, dari shalat yang harus kita<br />kerjakan setiap saat sepanjang hayat itu kita diajari untuk<br />tidak berhenti mencari kebenaran, dan tidak kalah oleh situasi<br />yang kebetulan tidak mendukung. Sekali kita berhenti karena<br />merasa telah "sampai" pada suatu kebenaran, maka ia mengandung<br />makna kita telah menemukan kebenaran terakhir atau final, dan<br />itu berarti menemukan kebenaran mutlak. Ini adalah suatu<br />kesombongan, seperti telah kita singgung di atas, dan akan<br />menyangkut suatu kontradiksi dalam terminologi, yaitu adanya<br />kita yang nisbi dapat mencapai kebenaran final yang mutlak.<br />Dan hal itu pada urutannya sendiri, akan berarti salah satu<br />dari dua kemungkinan: apakah kita yang menjadi mutlak,<br />sehingga "bertemu" dengan yang final itu, ataukah yang final<br />itu telah menjadi nisbi, sehingga terjangkau oleh kita! Dan<br />manapun dari kedua kemungkinan itu jelas menyalahi jiwa paham<br />Tauhid yang mengajarkan tentang Tuhan, Kebenaran Final<br />(al-Haqq), sebagai Wujud yang "tidak sebanding dengan sesuatu<br />apa pun juga" [19] dan "tidak ada sesuatu apapun juga yang<br />semisal dengan Dia" [20]. Jadi, Tuhan tidak analog dengan<br />sesuatu apa pun juga. Karena itu Tuhan juga tidak mungkin<br />terjangkau oleh akal manusia yang nisbi. Ini dilukiskan dalam<br />Kitab Suci, "Itulah Allah, Tuhanmu sekalian, tiada Tuhan<br />selain Dia, Pencipta segala sesuatu. Maka sembahlah akan Dia;<br />Dia adalah Pelindung atas segala sesuatu. Pandangan tidak<br />menangkap-Nya, dan Dia menangkap semua pandangan. Dia adalah<br />Maha Lembut, Maha Teliti." [21]<br /><br />Begitulah, kurang lebih, sebagian dari makna surat al-Fatihah,<br />yang sebagai bacaan inti dalam shalat dengan sendirinya<br />menjiwai makna shalat itu. Adalah untuk doa kita yang kita<br />panjatkan dengan harap-harap cemas agar ditunjukkan ke jalan<br />yang lurus itu maka pada akhir al-Fatihah kita ucapkan dengan<br />syahdu lafal Amin, yang artinya, "Semoga Allah mengabulkan<br />permohonan ini." Dan sikap kita yang penuh keinsyafan sebagai<br />kondisi yang sedang menghadap atau tawajjuh ("berhadap wajah")<br />kepada Tuhan itulah yang menjadi inti makna intrinsik shalat<br />kita.<br /><br />MAKNA INSTRUMENTAL SHALAT (ARTI SIMBOLIK UCAPAN SALAM)<br /><br />Shalat disebut bermakna intrinsik (makna dalam dirinya<br />sendiri), karena ia merupakan tujuan pada dirinya sendiri,<br />khususnya shalat sebagai peristiwa menghadap Allah dan<br />berkomunikasi dengan Dia, baik melalui bacaan, maupun melalui<br />tingkah laku (khususnya ruku' dan sujud). Dan shalat disebut<br />bermakna instrumental, karena ia dapat dipandang sebagai<br />sarana untuk mencapai sesuatu di luar dirinya sendiri.<br /><br />Sesungguhnya adanya makna instrumental shalat itu sangat<br />logis, justru sebagai konsekuensi makna intrinsiknya juga.<br />Yaitu, jika seseorang dengan penuh kesungguhan dan keinsyafan<br />menghayati kehadiran Tuhan dalam hidup kesehariannya, maka<br />tentu dapat diharap bahwa keinsyafan itu akan mempunyai dampak<br />pada tingkah laku dan pekertinya, yang tidak lain daripada<br />dampak kebaikan. Meskipun pengalaman akan kehadiran Tuhan itu<br />merupakan kebahagiaan tersendiri yang tak terlukiskan dalam<br />kata-kata, namun tidak kurang pentingnya ialah perwujudan<br />keluarnya dalam tindakan sehari-hari berupa perilaku berbudi<br />pekerti luhur, sejiwa dalam perkenan atau ridla Tuhan. Inilah<br />makna instrumental shalat, yang jika shalat itu tidak<br />menghasilkan budi pekerti luhur maka ia sebagai "instrumen"<br />akan sia-sia belaka.<br /><br />Berkenaan dengan ini, salah satu firman Allah yang banyak<br />dikutip ialah, "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepada<br />engkau (hai Muhammad), yaitu Kitab Suci, dan tegakkanlah<br />shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari yang kotor dan<br />keji, dan sungguh ingat kepada Allah adalah sangat agung<br />(pahalanya). Allah mengetahui apa yang kamu sekalian<br />kerjakan." [22] Dengan jelas firman itu menunjukkan bahwa<br />salah satu yang dituju oleh adanya kewajiban shalat ialah<br />bahwa pelakunya menjadi tercegah dari kemungkinan berbuat<br />jahat dan keji. Maka pencegahan diri dan perlindungannya dari<br />kejahatan dan kekejian itu merupakan hasil pendidikan melalui<br />shalat. Karena itu jika shalat seseorang tidak mencapai hal<br />yang demikian maka ia merupakan suatu kegagalan dan kemuspraan<br />yang justru terkutuk dalam pandangan Allah. Inilah pengertian<br />yang kita dapatkan dari firman Allah, (terjemahnya, kurang<br />lebih) "Sudahkah engkau lihat orang yang mendustakan agama?<br />Yaitu dia yang menghardik anak yatim, dan tidak dengan tegas<br />menganjurkan pemberian makan kepada orang miskin! Maka<br />celakalah untuk mereka yang shalat, yang lupa akan shalat<br />mereka sendiri. Yaitu mereka yang suka pamrih, lagi enggan<br />memberi pertolongan." [23] Jadi, ditegaskan bahwa shalat<br />seharusnya menghasilkan rasa kemanusiaan dan kesetiakawanan<br />sosial, yang dalam firman itu dicontohkan dalam sikap penuh<br />santun kepada anak yatim dan kesungguhan dalam memperjuangkan<br />nasib orang miskin.<br /><br />Adalah hasil dan tujuan shalat sebagai sarana pendidikan budi<br />luhur dan perikemanusiaan itu yang dilambangkan dalam ucapan<br />salam sebagai penutupnya. Ucapan salam tidak lain adalah doa<br />untuk keselamatan, kesejahteraan dan kesentosaan orang banyak,<br />baik yang ada di depan kita maupun yang tidak, dan diucapkan<br />sebagai pernyataan kemanusiaan dan solidaritas sosial. Dengan<br />begitu maka shalat dimulai dengan pernyataan hubungan dengan<br />Allah (takbir) dan diakhiri dengan pernyataan hubungan dengan<br />sesama manusia (taslim, ucapan salam). Dan jika shalat tidak<br />menghasilkan ini, maka ia menjadi muspra, tanpa guna, bahkan<br />menjadi alasan adanya kutukan Allah, karena dapat bersifat<br />palsu dan menipu. Dari situ kita dapat memahami kerasnya<br />peringatan dalam firman itu.<br /><br />Dalam kaitannya dengan firman itu Muhammad Mahmud al-Shawwaf<br />menguraikan makna ibadat demikian: Terdapat berbagai bentuk<br />ibadat pada setiap agama, yang diberlakukan untuk mengingatkan<br />manusia akan keinsyafan tentang kekuasaan Ilahi yang Maha<br />Agung, yang merupakan sukma ibadat itu dan menjadi hikmah<br />rahasianya sehingga seorang manusia tidak mengangkangi manusia<br />yang lain, tidak berlaku sewenang-wenang dan tidak yang satu<br />menyerang yang lain. Sebab semuanya adalah hamba Allah.<br />Betapapun hebat dan mulianya seseorang namun Allah lebih<br />hebat, lebih mulia, lebih agung dan lebih tinggi. Jadi, karena<br />manusia lalai terhadap makna-makna yang luhur ini maka<br />diadakanlah ibadat untuk mengingatkan mereka. Oleh karena<br />itulah setiap ibadat yang benar tentu mempunyai dampak dalam<br />pembentukan akhlak pelakunya dan dalam pendidikan jiwanya.<br /><br />Dampak itu terjadi hanyalah dari ruh ibadat tersebut dan<br />keinsyafan yang pangkalnya ialah pengagungan dan kesyahduan.<br />Jika ibadat tidak mengandung hal ini maka tidaklah disebut<br />ibadat, melainkan sekedar adat dan pamrih, sama dengan bentuk<br />manusia dan patungnya yang tidak disebut manusia, melainkan<br />sekedar khayal, bahan tanah atau perunggu semata.<br /><br />Shalat adalah ibadat yang paling agung, dan suatu kewajiban<br />yang ditetapkan atas setiap orang muslim. Dan Allah<br />memerintahkan untuk menegakkannya, tidak sekedar menjalaninya<br />saja. Dan menegakkan sesuatu berarti menjalaninya dengan tegak<br />dan sempurna karena kesadaran akan tujuannya, dengan<br />menghasilkan berbagai dampak nyata. Dampak shalat dan hasil<br />tujuannya ialah sesuatu yang diberitakan Allah kepada kita<br />dengan firman-Nya, "Sesungguhnya shalat mencegah dari yang<br />kotor dan keji", [24] dan firman-Nya lagi, "Sesungguhnya<br />manusia diciptakan gelisah: jika keburukan menimpanya, ia<br />banyak keluh kesah; dan jika kebaikan menimpanya, ia banyak<br />mencegah (dari sedekah). Kecuali mereka yang shalat..." [25]<br />Allah memberi peringatan keras kepada mereka yang menjalani<br />shalat hanya dalam bentuknya saja seperti gerakan dan bacaan<br />tertentu namun melupakan makna ibadat itu dan hikmah<br />rahasianya, yang semestinya menghantarkannya pada tujuan mulia<br />berupa gladi kepribadian, pendidikan kejiwaan dan peningkatan<br />budi. Allah berfirman, "Maka celakalah untuk mereka yang<br />shalat, yang lupa akan shalat mereka sendiri. Yaitu mereka<br />yang suka pamrih, lagi enggan memberi pertolongan." [26]<br />Mereka itu dinamakan "orang yang shalat" karena mereka<br />mengerjakan bentuk lahir shalat itu, dan digambarkan sebagai<br />lupa akan shalat yang hakiki, karena jauh dari pemusatan jiwa<br />yang jernih dan bersih kepada Allah Yang Maha Tinggi dan Maha<br />Agung, yang seharusnya mengingatkannya untuk takut kepada-Nya,<br />dan menginsyafkan hati akan kebesaran kekuasaan-Nya dan<br />keluhuran kebaikan-Nya.<br /><br />Para ulama membagi riya atau pamrih menjadi dua. Pertama,<br />pamrih kemunafikan, yaitu jika perbuatan ditujukan untuk dapat<br />dilihat orang lain guna mendapatkan pujian, penghargaan atau<br />persetujuan mereka. Kedua pamrih adat kebiasaan, yaitu<br />perbuatan dengan mengikuti ketentuan-ketentuannya namun tanpa<br />memperhatikan makna perbuatan itu dan hikmah rahasianya serta<br />faedahnya, dan tanpa perhatian kepada Siapa (Tuhan) yang<br />sebenarnya ia berbuat untuk-Nya dan guna mendekat kepada-Nya.<br />Inilah yang paling banyak dikerjakan orang sekarang. Sungguh<br />amat disayangkan! [27]<br /><br />Demikian penjelasan yang diberikan oleh seorang ahli agama<br />dari Arab, al-Shawwaf, tentang makna instrumental shalat.<br />Dalam Kitab Suci juga dapat kita temukan ilustrasi yang tajam<br />tentang keterkaitan antara shalat dan perilaku kemanusiaan:<br /><br />Setiap pribadi tergadai oleh apa yang telah dikerjakannya<br />Kecuali golongan yang beruntung (kanan)<br />Mereka dalam surga, dan bertanya-tanya,<br />tentang nasib orang-orang yang berdosa:<br />"Apa yang membawa kamu ke neraka?"<br />Sahut mereka, "Dahulu kami tidak termasuk<br />orang-orang yang shalat,<br />Dan tidak pula kami pernah<br />memberi makan orang-orang melarat<br />Lagi pula kami dahulu terlena bersama mereka yang terlena<br />Dan kami dustakan adanya hari pembalasan<br />Sampai datang kepada kami saat keyakinan (mati)." [28]<br /><br />Maka, secara tegas, yang membuat orang-orang itu "masuk<br />neraka" ialah karena mereka tidak pernah shalat yang<br />menanamkan dalam diri mereka kesadaran akan makna akhir hidup<br />ini dan yang mendidik mereka untuk menginsyafi tanggung jawab<br />sosial mereka. Maka mereka pun tidak pernah menunaikan<br />tanggung jawab sosial itu. Sebaliknya, mereka menempuh hidup<br />egois, tidak pernah mengucapkan salam dan menghayati maknanya,<br />juga tidak pernah menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka pun<br />lupa, malah tidak percaya, akan datangnya saat mereka harus<br />mempertanggungjawabkan seluruh perbuatan mereka pada hari<br />pembalasan (akhirat).<br /><br />Jika kita kemukakan dalam bahasa kontemporer, shalat --selain<br />menanamkan kesadaran akan makna dan tujuan akhir hidup kita--<br />ia juga mendidik dan mendorong kita untuk mewujudkan sebuah<br />ide atau cita-cita yang ideal dan luhur, yaitu terbentuknya<br />masyarakat yang penuh kedamaian, keadilan dan perkenan Tuhan<br />melalui usaha pemerataan sumber daya kehidupan untuk seluruh<br />warga masyarakat itu. Jika kita paham ini, maka kita pun paham<br />mengapa banyak terdapat penegasan tentang pentingnya shalat,<br />sekaligus kita juga paham mengapa kutukan Tuhan begitu keras<br />kepada orang yang melakukan shalat hanya sebagai ritus yang<br />kosong, yang tidak menghasilkan keinsyafan yang mendalam dan<br />komitmen sosial yang meluas.<br /><br />CATATAN<br /><br />1. "Sungguh berbahagialah mereka yang beriman, yaitu<br /> mereka yang khusyuk dalam shalat mereka..." (QS.<br /> al-Mu'minun 23:1-2).<br /><br />2. Hadits, dikutip a.l. oleh Muhammad Mahmud al-Shawwaf,<br /> Kitab Ta'lim al-Shalah (Jeddah: al-Dar al-Su'udiyyah li<br /> al-Nasyr, 1387 H/1967 M), hal. 9.<br /><br />3. Ibid.,hal. 13<br /><br />4. Ibid., hal. 24<br /><br />5. Doa pembukaan shalat ini sesungguhnya kita warisi<br /> dari kalimat Nabi Ibrahim a.s. dengan sedikit perubahan<br /> (yaitu tambahan kata-kata musliman), yang dia ucapkan<br /> sebagai kesimpulan proses pencariannya terhadap Tuhan<br /> Yang Maha Esa, sekaligus pernyataan pembebasan diri dari<br /> praktek syirik kaumnya di Babilonia. (Lihat QS.<br /> al-An'am/6:79 dan penuturan di situ tentang bagaimana<br /> pengalaman pencarian Nabi Ibrahim sehingga ia<br /> "menemukan" Tuhan Yang Maha Esa, ayat 74-83).<br /><br />6. Seruan ini pun berasal dari Kitab Suci, berupa<br /> perintah Allah kepada Nabi kita agar mengucapkan seruan<br /> serupa itu, sebagai kelanjutan semangat agama Nabi<br /> Ibrahim. Diadopsi dengan sedikit perubahan, yaitu dari<br /> "wa ana awwal al-muslimin" (dan aku adalah yang pertama<br /> dari mereka yang pasrah) menjadi "wa ana min<br /> al-muslimin" (dan aku termasuk mereka yang pasrah).<br /> (Lihat QS. al-An'am/6:161-162).<br /><br />7. Lihat, a.l., QS. al-Baqarah 2:48, 123 dan 254.<br /><br />8. Ada sebuah hadits yang amat terkenal, yang banyak<br /> dikutip para ulama kita, berkenaan dengan penjelasan<br /> Nabi saw tentang arti Iman, Islam dan Ihsan. Ketika Nabi<br /> saw ditanya tentang Ihsan (al-ihsan), beliau menjawab,<br /> "Al-ihsan ialah bahwa engkau menyembah Allah seolah-olah<br /> engkau melihatNya; dan kalau pun engkau tidak<br /> melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihat engkau."<br /><br />9. QS. al-Hadid 57:4<br /><br />10. QS. Thaha 20:14.<br /><br />11. QS. al-Baqarah/2:156.<br /><br />12. QS. al-A'raf/7:65.<br /><br />13. Dalam Kitab Suci banyak kita temukan perintah Allah<br /> agar kita mempelajari sejarah dan mengambil pelajaran<br /> daripada Kitab Suci itu. Lihat, a.l. QS. Ali<br /> 'Imran/3:137.<br /><br />14. QS. al-Nisa'/4:103.<br /><br />15. QS. al-Baqarah/2:238.<br /><br />16. QS. al-Insyirah/94:7-8.<br /><br />17. Selain "shirath," metafor jalan juga dinyatakan<br /> dalam beberapa kata baku lain dalam nomenklatur Islam,<br /> yaitu syari'ah, thariqah, sabil, minhaj dan mansak, yang<br /> kesemuanya bermakna dasar "jalan" atau "cara" (metode).<br /><br />18. Lihat QS. al-Nisa'/4:97.<br /><br />19. QS. al-Ikhlash/112:4.<br /><br />20. QS. al-Syura/42:11.<br /><br />21. QS. al-An'am/6: 102-3.<br /><br />22. QS. al-Ankabut/29:45.<br /><br />23. QS. al-Ma'un/107:1-~.<br /><br />24. QS. al-Ankabut/29:45.<br /><br />25. QS. al-Ma'arij/70:19-22.<br /><br />26. QS. al-Ma'un/107:<br /><br />27. Muhammad Mahmud al-Shawwaf, 'Uddat al-Muslimin<br /> (Jeddah: al-Dar al-Su'udiyyah li al-Nasyr, 1388 H/1968<br /> M). h. 55-57.<br /><br />28. QS. al-Muddatstsir/74:38-47.<br /></pre></td></tr></tbody></table><pre>kemudian saat kita istirahat sejenak dari kerja (Dhuhur) dan,<br />lebih-lebih lagi, saat kita "santai" sesudah bekerja (dari<br />Ashar sampai 'Isya). Sebab, justru saat santai itulah biasanya<br />dorongan dalam diri kita untuk mencari kebenaran menjadi<br />lemah, mungkin malah kita tergelincir pada gelimang kesenangan<br />dan kealpaan. Karena itulah ada pesan Ilahi agar kita<br />menegakkan semua shalat, terutama shalat tengah, yaitu Ashar,<br />[15] dan agar kita mengisi waktu luang untuk bekerja keras<br />mendekati Tuhan.[16]<br /></pre>PEACE LOVEhttp://www.blogger.com/profile/04661933911024586431noreply@blogger.com0